Para narapidana di negara bagian India, Madhya Pradesh akan dibebaskan lebih awal bila mereka menyelesaikan latihan yoga. Setiap narapidana yang menjalani latihan yoga selama tiga bulan, maka hukuman mereka akan diperpendek selama 15 hari.

Pihak berwenang mengatakan yoga membuat para tahanan lebih mampu menahan diri dan mengurangi tindakan agresif mereka. Sebanyak empat ribu tahanan sudah memanfaatkan peluang tersebut, dan banyak diantara mereka kemudian bekerja sebagai guru yoga.

"Yoga bagus untuk menjaga kebugaran, membuat jiwa lebih tenang, mengurangi stress dan menahan nafsu marah," kata Direktur Jenderal Lembaga Pemasyarakatan India, Sanjay Mane.

"Ketika seorang narapidana ikut kursus yoga, dan memenuhi beberapa kondisi lain, mereka akan dipertimbangkan untuk mendapatkan pengurangan hukuman, bila kepala penjara memberi rekomendasi." tambah Mane.

Para narapidana juga bisa mendapatkan pengurangan hukuman bila mereka ikut kursus buta aksara atau pelajaran untuk mendapatkan ijasah resmi. Seorang narapidana di penjara Gwalior, Narayan Sharma - yang sekarang sudah menjadi guru yoga - mengatakan latihan pernapasan ini telah membuat mampu menghilangkan "pikiran marah" dari benaknya. "Pikiran-pikiran itulah yang membuat saya melakukan tindak kriminal." katanya.

"Saya berharap setelah kami dibebaskan, kami bisa menggunakan apa yang sudah kami pelajari dan mempromosikan yoga di masyarakat, sehingga orang-orang tidak lagi melakukan tindak kriminal."

0 comments:

Post a Comment

Blog Archive

125x125= Rp. 35.000/month

www.smartbacklink.net/ www.smartbacklink.net/