Sebuah netbook yang ramah lingkungan belum lama ini dipamerkan pada ajang pameran teknologi LibreMeeting di kota Madrid, Spanyol. Netbook bukan sembarang netbook, nggak butuh listrik tapi dengan tenaga surya atau sinar matahari untuk mengoperasikannya yang dibikin dari bahan bio plastik.

Netbook unik tersebut dibanderol sekitar 220 US dolar atau Rp. 2 jutaan. Dengan beratnya cuma 700 gram, netbook ini memakai sistem operasi Linux yang kecepatan Justify Fullprocessor-nya 400MHz. Netbook yang dikembangkan oleh iUnika asal Spanyol itu dipasang memori flash sebesar 64GB, RAM 128MB, WiFi dan 10/100 Ethernet untuk konektivitas, dengan layar 8 inci supaya mampu mendukung resolusi gambar sebesar 800x480 pixel.

Meski produk gadget tersebut masih terbatas, yang butuh daya sekitar 3-4 watt, kemungkinan besarnya panel surya sebagai penerima tenaga tersebut cuma bisa menyimpan data sebentar setelah baterai habis dan melakukan shutdown dengan baik. Namanya juga produk percontohan, optimis kedepannya bakalan muncul gadget yang ramah lingkungan lainnya.

0 comments:

Post a Comment

Blog Archive

125x125= Rp. 35.000/month

www.smartbacklink.net/ www.smartbacklink.net/