Kejadian ini terjadi di India di sebuah sekolah swasta, lantaran murid yang berusia 6 tahun tersebut tidak mengerjakan PR, mungkin kalau di Indonesia anak tersebut berada di kelas 1 SD. Dan tidak main-main oknum guru tersebut menghukum muridnya dengan cara menyuruhnya membuka baju dan berdiri di atas meja di dalam kelas.

Sebenarnya hukuman seperti ini tidaklah hanya terjadi di India saja, mungkin hampir di setiap sekolah ada saja guru-guru yang memberikan hukuman dengan cara yang berbeda-beda baik itu yang masih wajar ataupun yang tidak wajar. Sayapun waktu sekolah baik di tingkat SD, SMP, SMA juga pernah mengalaminya.

Di tingkat SD kami diberikan pelajaran "mencongak" atau ujian matematika tetapi kita menghitungnya di luar kepala. Apabila nilai kita jelek maka hukumannya suruh merangkak keliling kelas atau juga dicubit sampai badan ini biru-biru semua dan kadang kala sampai kulit terkelupas atupun lecet.

Di tingkat SMP ada beberapa guru yang suka memberikan hukuman, pernah suatu kali ada teman yang tidak bisa menjawab pertanyaan dan kebetulan duduknya paling di belakang, kepalanya dibenturkan ke tembok beberapa kali, ada juga yang menjadi "samsak" untuk ditinju oleh guru bahkan sampai mengeluarkan darah dan banyak lagi kejadiannya.

Mau melawan??? Mana mungkin, takutlah kita semua, tapi pernah kami sekelas diperas oleh oknum guru, karena kami banyak yang merasa keberatan dengan hal tersebut akhirnya dengan suara bulat dan dengan resiko yang akan diterima, kami melaporkannya ke kepala sekolah. Dan ternyata bukan hanya kelas kami yang "diperas" oleh oknum guru tersebut melainkan seluruh kelas yang diajar olehnya. Sudah 15 tahun berlalu dari kejadian tersebut, tetapi bila saya bertanya kepada keponakan atau juga bertanya kepada adik-adik kelas ternyata tradisi "pukul-memukul" tersebut belum juga ditinggalkan.

Mungkin harus dibentuk komisi sekolah untuk melindungi anak-anak didik dari tangan-tangan guru yang kejam seperti ini.

Sumber : http://www.wikimu.com/News/DisplayNews.aspx?id=4116

0 comments:

Post a Comment

Blog Archive

125x125= Rp. 35.000/month

www.smartbacklink.net/ www.smartbacklink.net/